Menuju Era Keemasan Digital Indonesia – East Ventures DIGITAL COMPETITIVENESS INDEX 2022

Oby Zamisyak

Pada tahun 2022, Indonesia akan menuju era keemasan ekonomi digital. Selama dua tahun lalu, industri digital telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sebagai dampak dari akselerasi pandemi. Tak hanya penetrasi internet yang semakin besar, kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan sektor digital sebagai penopang ekonomi juga kian tinggi.

Efek Pandemi Pada Bisnis Digital

Selama pandemi, kegiatan dengan interaksi tinggi “dipaksa” beralih ke virtual. Orang bertransaksi melalui marketplace atau e-commerce dan melakukan pembayaran secara online menjadi pilihan yang paling aman dan tepat. Pengantaran logistik juga semakin inovatif dengan beragam opsi dengan munculnya berbagai kebutuhan masyarakat. Akses finansial juga semakin mudah dan merata. Konsultasi dokter menjadi lebih mudah secara online. Pola kebiasaan ini akan terus berlanjut atau yang biasa kita sebut dengan new normal.

Harapan Setelah Pandemi

Kondisi tersebut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami pemulihan dan semakin stabil. Hal ini ditambah dengan berbagai upaya pemerintah untuk menstabilkan ekonomi di masa krisis, seperti penanganan penyebaran COVID-19 baik dengan penerapan protokol kesehatan dan percepatan program vaksinasi, sehingga kita berharap kondisi pandemi ini dapat segera terkendali, dan berubah menjadi endemi.

Download Selengkapnya

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar