fbpx

JUARA I KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA INDONESIA 2017

Kewirausahaa Mahasiswa Indonesia (KMI)

merupakan ajang pertemuan mahasiswa wirausaha se-Indonesia. Pada kegiatan KMI terdapat kompetisi memperebutkan juara yang terdiri dari kategori wirausaha dan kategori stand terbaik. KMI Award untuk kategori wirausaha didasarkan pada konsep Real Business Competition, sehingga fokus pada penilaian keunggulan kinerja dan profesionalisme. Sementara itu, KMI Award untuk kategori stand terbaik dilakukan berdasarkan penilaian terhadap produk-produk dan tampilan stand, yang mencakup aspek firmitas, utilitas, dan venuitas.

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) VIII tahun 2017 diselenggarakan oleh Ristekdikti bertempat di Politeknik Negeri Pontianak, pada 22-24 November 2017. Tema yang diusung pada KMI tahun ini adalah Keberagaman Indonesia sebagai Kekuatan Wirausaha Mahasiswa dalam Ekonomi Global Power and Harmony in Diversity. Ajang KMI pada tahun 2017 diikuti 96 Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta. Penentuan pemenang KMI Award kategori wirausaha terbaik ini dibagi ke dalam 5 (lima) kategori, yaitu: Industri Makanan dan Minuman, Industri Jasa dan Perdagangan, Industri Teknologi, Industri Kreatif, dan Industri Produksi/Budidaya.

Perwakilan UNY

Oby Zamisyak, mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, UNY selaku founder dan owner Indobot Store berhasil mengharumkan nama Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dalam ajang KMI Award 2017 kali ini, ia berhasil meraih juara I kategori Industri Teknologi. Diikuti Juara 2 diraih oleh Tim dari Universitas Indonesia, dan Juara 3 dari Universitas Brawijaya, dan Juara harapan dari Politeknik Negeri Bandung.

Indobot merupakan salah satu jenis usaha dalam bidang teknologi yaitu berupa robot edukasi untuk mengurangi kecanduan game pada anak. Toko Indobot berada di Plaza UNY Lt 2 Jln. Affandi No 5, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Prov. D.I Yogyakarta. Usaha ini sudah berdiri sekitar dua tahun. Berawal dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) tahun 2015 yang digarap dengan serius sehingga dapat berkembang dengan pesat hingga sebaran penjualan sudah tersebar di berbagai pulau di Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali dan Lombok. Bahkan, target selanjutnya adalah dapat menjangkau seluruh Indonesia dan menembus pasar luar negeri.

Pesan Oby Zamisyak

“Alhamdulillah rasanya senang dan bangga walaupun Indobot tahun 2015 pernah gagal di PIMNAS 28 UHO, akhirnya terbayar sudah dengan meraih juara 1 KMI Award 2017 bidang Bisnis Teknologi. Jangan pernah menyerah sebelum engkau mendapatkan apa yang engkau cita – citakan. Mohon doanya semoga Indobot semakin maju dan dipercaya masyarakat secara luas untuk menyediakan robot edukasi serta dapat mendorong perkembangan IPTEK di Indonesia.” kata Oby. Semoga semakin banyak mahasiswa yang akan termotivasi untuk berbisnis di bidang keilmuanya, sehingga dapat menambah lapangan pekerjaan dan mengurangi pengagguran. (OBZ/MUS)

Source: JPTEI FT UNY

Leave a reply:

Your email address will not be published.